Tips Merawat Charger Semoga Lebih Abadi Dan Kabelnya Tidak Gampang Rusak (Putus)

Apa saja yang menjadikan Kabel Charger anda sering rusak (putus) dan bagaimana cara mengatasinya?
Kenapa Charger ponsel gampang sekali rusak?
Bagaimana caranya semoga Charger ponsel lebih abadi dan Kabelnya tidak gampang putus/rusak?
Apa yang menjadikan Charger gampang rusak?
Apa yang menjadikan Kabel Charger gampang rusak dan tidak tersambung lagi?

Mungkin anda juga pernah mengalami hal ini, Charger Ponsel yang biasa anda gunakan tiba-tiba tidak sanggup dipakai lagi, padahal Charger sudah kita colokkan ke Stop kontak listrik, dan ujung kabel chargernya sudah terhubung ke ponsel kita, namun batere ponsel tidak terisi.




Kemudian ketika kabel charger tersebut digoyang-goyang, Charger sesaat sanggup mengisi namun sesudah kabel charger dilepas kembali charger tersebut tidak mengisi lagi.

Apakah Charger yang anda gunakan sudah rusak?

Namun sesudah kita coba mengganti Kabel charger dengan yang baru, Charger tersebut sanggup dipakai kembali untuk mencas Batere ponsel kita.

Ini berarti bahwa Charger ponsel anda masih bagus, dan penyebab charger tidak sanggup dipakai ialah Kabel chargernya sudah rusak atau terputus di dalam.

Kebanyakan Penyebab Charger rusak ialah sebab Kabel chargernya yang sudah rusak atau putus, dan biasanya tanda-tanda awal kerusakannya ialah ketika Charger tersebut digunakan, Batere ponsel tidak terisi, kemudian ketika kabel digoyang atau ditekuk-tekuk terlihat Charger berfungsi kembali mengisi batere ponsel, namun ketika kabel dilepas Charger kembali terputus dan tidak mengisi.

Lalu apa yang menjadikan Kabel Charger gampang rusak dan tak tersambung lagi?
Dan bagaimana caranya semoga Kabel Charger yang kita miliki lebih tahan usang dan tidak gampang rusak atau putus?

Berikut ini beberapa hal yang sering menjadikan Kabel Charger yang kita miliki gampang sekali rusak (Putus), dan cara mencegahnya.

Apa saja yang menjadikan Kabel Charger anda sering rusak  TIPS Merawat Charger semoga lebih abadi dan Kabelnya tidak gampang rusak (putus)
Tips Merawat Charger Ponsel

Penyebab Kabel Charger gampang rusak (Putus) dan solusinya

1.Gunakan Kabel Charger yang original
  • Penyebab:
Kualitas kabel yang kurang manis menjadi penyebab utama Kabel charger yang kita miliki gampang rusak atau putus.

  • Solusi:
Solusinya ialah pastikan anda selalu memakai Kabel Charger yang orisinil (original), sebab kualitas kabel charger yang orisinil tentu jauh lebih baik dibanding yang lainnya.


2.Cabut Kabel charger ketika batere ponsel terisi penuh
  • Penyebab:
Salah satu penyebab Kabel Charger gampang rusak, ialah sebab waktu pengecasan yang hiperbola dan terlalu lama, padahal Batere sudah terisi penuh namun Charger tetap tersambung.

Memang setiap ponsel mempunyai sistem perlindungan ketika batere sudah terisi penuh maka pengecasan akan terputus (Over Charging Protection).

Masalahnya adalah, memang ketika batere ponsel sudah terisi penuh maka proses pengecasan akan terhenti, kemudian kalau charger tetap tehubung, maka ketika batere ponsel mulai berkurang, maka secara otomatis pula pengecasan akan tersambung kembali, begitulah terus menerus proses pengecasan tersambung dan terputus berkali-kali hingga Charger kita lepas dari Ponsel.

Hal ini tentu akan menjadikan suhu kabel charger menjadi panas dan Kabel menjadi lebih gampang rusak (Putus).

  • Solusi:
Maka pastikan anda memakai Charger hanya ketika batere ponsel sudah hampir habis, dan segera cabut charger tersebut ketika batere ponsel sudah terisi penuh.


3.Jangan menggulung kabel Charger
  • Penyebab:
Hal ini menjadi penyebab utama dan yang paling sering kita lakukan, yakni pada ketika Charger tidak dipakai maka kita akan menggulung Kabel charger tersebut serapi mungkin dan terkadang kabelnya kita gulung pada charger tersebut.

Tanpa kita sadari hal inilah yang akan menjadikan kabel terjepit dan gampang sekali rusak atau putus.

  • Solusinya:
Saat Charger tidak digunakan, Kabel Charger jangan digulung, atau usahakan seminimal mungkin terjadi tekukan pada kabel ketika charger tersebut kita simpan.


4.Jangan Gunakan Ponsel ketika sedang di cas
  • Penyebab:
Hal ini juga menjadi penyebab kabel charger gampang rusak (putus), dan anda niscaya pernah melaksanakan hal ini, meski ponsel anda dalam keadaan tersambung dengan charger, anda tetap saja memakai ponsel tersebut.

Tentu hal ini akan menjadikan Charger bekerja maksimal secara terus menerus, Batere ponsel tidak sanggup terisi penuh sebab terus saja digunakan, dan kesudahannya Kabel charger akan panas dan gampang rusak atau putus.

  • Solusinya:
Jangan pernah memakai Ponsel ketika ponsel tersebut sedang tersambung dengan charger, kalau terpaksa harus memakai ponsel tersebut maka lepaskan kabel charger yang terhubung ke ponsel tersebut terlebih dahulu.


5.Jangan hingga Kabel Charger tertarik atau tertekan
  • Penyebab:
Saat Kabel Charger tersambung ke ponsel, terkadang sebab posisi colokan terlalu tinggi/jauh menjadikan kabel charger menjadi tertarik, Atau pada ketika Ponsel tersebut tersambung dengan charger, dan ponsel tersebut tetap saja kita gunakan, maka terkadang tanpa sengaja kabel charger tertarik, dan tentunya hal ini akan menjadikan kabel charger tersebut gampang rusak atau putus.

Selain kabel charger akan gampang rusak, hal ini juga sanggup menjadikan colokan charger pada ponsel anda akan longgar dan gampang rusak.

  • Solusinya:
Pastikan kabel charger tetap kendur (longgar) ketika tersambung dengan ponsel, dan jangan memakai ponsel ketika sedang tersambung dengan kabel charger.

Selain itu jangan hingga Kabel Charger tertimpa benda-benda lain yang sanggup menjadikan Kabel Charger tersebut rusak atau putus


Solusi terbaik semoga charger lebih abadi dan kabelnya tidak gampang rusak (putus):

Untuk menghindari beberapa penyebab Charger gampang rusak yang kita sebutkan diatas, anda juga sanggup melaksanakan beberapa tips suplemen berikut ini:
  • Pasang satu stop kontak khusus untuk daerah mencolokkan Charger, yang dilengkapi dengan saklar pemutus arus listrik, lebih baik lagi kalau Stop kontak tersebut dilengkapi dengan Timer otomatis sehingga anda sanggup mengatur usang pengecasan yang dibutuhkan.
  • Anda tidak perlu mencabut atau menyimpan Charger tersebut, biarkan charger tetap tersambung pada tempatnya, anda cukup tetapkan arus listriknya dengan memakai saklar yang ada pada stop kontak (colokan) tersebut, atau kalau anda telah memakai timer otomatis maka listrik akan terputus dengan sendirinya, Hal ini akan mencegah kabel charger digulung berulang kali ketika disimpan.
  • Buat daerah khusus ketika ponsel dicas, dengan jarak yang cukup bersahabat dengan daerah charger dicolokkan, hal ini bertujuan semoga kabel charger tetap kendur (tidak tertarik).
  • Jangan Mencas Ponsel bersahabat dengan daerah tidur anda


Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Dan Cara Menghitung Rugi Tegangan (Drop Voltage)

Hubungan Antara Tegangan, Arus Dan Daya Listrik

Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, [Panduan Lengkap] Part-1