Apa Bahwasanya Arti Am Dan Pm Pada Penulisan Jam

Jam 12.00 A.M ialah sempurna jam 12 tengah malam, sedangkan jam 12.00 P.M ialah sempurna jam 12 siang hari.
Apa bahwasanya arti AM dan PM pada penulisan jam?
Kita tentu pernah melihat penulisan waktu (jam) dengan AM atau PM, kemudian apa itu AM dan PM?
Pada penulisan waktu dengan simbol AM dibelakangnya, maksud AM itu apa?
Pada penulisan waktu dengan simbol PM dibelakangnya, maksud PM itu apa?

Penjelasan waktu A.M - P.M

Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa ada goresan pena AM atau PM pada penulisan Jam dengan format waktu 12 jam.
Penulisan jam di Indonesia umumnya memakai Format 24 jam, sedangkan format 12 jam dengan penambahan penulisan AM dan PM ini, umumnya dipakai di negara Amerika dan Eropa.




Jika waktu memakai Format 24 Jam, tidak memakai penulisan AM atau PM, sedangkan kalau format waktu yang dipakai 12 Jam, maka untuk membedakan Waktu siang dan Malam, maka dipakai sistem penulisan waktu dengan memakai istilah AM dan PM.

Apa yang dimaksud dengan AM dan PM tersebut?

Apa bahwasanya arti AM dan PM pada penulisan jam Apa bahwasanya arti AM dan PM pada penulisan Jam
AM-PM
Kali ini kita akan berbagi, mengenai apa kepanjangan dari AM dan PM, serta apa bahwasanya yang dimaksud dengan AM dan PM pada penulisan waktu tersebut:


A.M
AM ialah kependekan dari Ante Meridiem.
Ante Meridiem berasal dari bahasa inggris yang mempunyai makna sama dengan Before Noon, atau kalau dalam bahasa Indonesia artinya sebelum siang hari (Tengah malam dan Pagi).

Karena klarifikasi waktu di negara Inggris yakni, yang termasuk kedalam waktu sudah Siang ialah dimulai dari jam 12.00 Siang Tepat.

Sebelum siang (Before Noon) ialah dimulai dari jam 12.00 tengah malam hingga dengan sebelum jam 12 siang, kalau sudah sempurna jam 12.00 siang atau lebih, maka sanggup dikatakan sudah termasuk Lewat tengah hari (After Noon).

Oleh alasannya ialah itu waktu yang sanggup dituliskan memakai AM, ialah waktu yang dimulai dari jam 12.00 malam, hingga dengan sebelum jam 12 siang, seperti:
  • Jam 12.00 AM, artinya sempurna jam 12 tengah malam, atau jam 24.00 (Format 24 jam)
  • Jam 01.00 AM, artinya jam 01 dini hari.
  • Jam 05.00 AM, artinya jam 05 pagi hari.
  • Jam 10.00 AM, artinya jam 10 pagi hari.
  • Jam 11.59 AM, artinya jam 11 pagi lewat 59 menit atau kurang 1 menit menuju jam 12 siang, alasannya ialah belum sempurna jam 12 siang, maka jam 11.59 masih memakai penulisan AM.


P.M
PM ialah kependekan dari Post Meridiem
Post Meridiem berasal dari bahasa inggris yang mempunyai makna yakni sama dengan After Noon, atau kalau dalam bahasa Indonesia artinya sehabis siang hari (Sore dan malam).

Karena klarifikasi waktu di negara Inggris yakni, yang termasuk kedalam waktu siang ialah dimulai dari jam 12.00 Siang hari hingga dengan sebelum jam 12.00 Tengah malam, kalau sudah sempurna jam 12.00 tengah malam atau lebih, maka sanggup dikatakan sudah termasuk sebelum tengah hari (Sore) atau AM.

Oleh alasannya ialah itu waktu yang sanggup dituliskan memakai PM, ialah waktu yang dimulai dari jam 12.00 siang tepat, hingga dengan sebelum jam 12 malam, seperti:
  • Jam 12.00 PM, artinya sempurna jam 12 siang hari.
  • Jam 01.00 PM, artinya jam 1 siang hari
  • Jam 02.00 PM, artinya jam 2 siang hari
  • Jam 04.00 PM, artinya jam 4 sore hari.
  • Jam 10.00 PM, artinya jam 10 malam hari
  • Jam 11.59 PM, artinya jam 11 malam hari, lewat 59 menit atau kurang 1 menit menuju jam 12 malam, alasannya ialah belum sempurna jam 12 malam, maka penulisannya ialah jam 11.59 P.M.


Setelah membaca klarifikasi mengenai AM dan PM pada penulisan jam, diperlukan kita sanggup mengetahui apa bahwasanya maksud dari AM dan PM pada penulisan waktu dan jam dan lebih memahami maksud dari AM dan PM tersebut.


Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Dan Cara Menghitung Rugi Tegangan (Drop Voltage)

Hubungan Antara Tegangan, Arus Dan Daya Listrik

Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, [Panduan Lengkap] Part-1